Anjing Irish Setter       (3 komentar)

02 Desember 2005 - 05:20

Oleh Bobby Sant

Anjing Irish Setter adalah anjing jenis Gun Dog yang tidak hanya popular di negeri asalanya , Irlandia tetapi juga di Inggris dan Amerika Utara. Irish Setter muncul pertama kali di awal abad ke-19 dan pada akhir abad tersebut trah ini mulai diperkenalkan di Amerika Utara. Sepanjang tahun 1890-an , trah yang unggul digunakan untuk berburu ini mulai diperkenalkan di ring pameran.

Irish Setter memiliki sifat yang sangat baik, suka bermain dan elegan. Anjing ini memerlukan aktifitas yang cukup sepanjang hari karena termasuk dalam jenis sporting dog. Anjing ini juga sangat mudah dilatih, sekali dia mengerti perintah tertentu maka dia akan mengingatnya seumur hidupnya.

Walaupun pada awalnya diciptakan sebagai teman berburu, anjing ini juga sangat cocok untuk dipelihara sebagai anjing keluarga. Sifatnya hampir menyamai sifat Golden Retriever yang sangat hangat pada semua anggota keluarga. Beberapa orang lebih mengunggulkan sifat anjing ini daripada Golden Retriever karena anjing ini lebih kalem, penurut dan pintar. Selain memiliki watak yang cerdas, anjing ini juga memiliki keunggulan seperti daya cium yang tajam, kemampuan untuk dilatih sebagai anjing karya guna, agility, berburu, kemampuan untuk berenang dan sebagainya.

Standarisasi

Umum

Irish Setter memiliki tinggi badan 69 cm untuk jantan dan 64 cm untuk betina dengan berat badan antara 27 kg – 32 kg. Jika dilihat dari samping, anjing ini terlihat sangat besar dan lebar tapi jika dilihat dari depan akan terlihat lebih pipih . Penampilannya sangat elegan dan anggun.

Kepala

Bentuk kepala jika dilihat dari atas berbentuk persegi panjang, setopan terlihat jelas dan paralel. Warna mata gelap dan berbentuk almond . Daun telinga panjang , posisi pangkal telinga tidak melebihi garis atas mata. Hidung dan bibir warus berwarna gelap. Gigi menggunting , moncong cukup panjang.

Tubuh bagian depan

Irish Setter memiliki leher yang cukup panjang . Tulang leher agak melengkung pada bagian atas sehingga tampak seperti leher angsa. Irish Setter memiliki dada yang cukup dalam. Kaki depan harus lurus dengan otot yang kuat . Jika sedang berdiri, tubuh bagian depan lebih tinggi seperti Dobermann.

Tubuh bagian belakang

Garis antara dada dan perut cukup jelas terlihat karena Irish Setter memiliki perut yang ramping. Siku kaki belakang cukup tajam dan kuat. Ekor sejajar dengan garis punggung, tidak boleh terangkat melebihi garis punggung atau dilipat diantara paha kaki belakang. Tulang ekor meruncing ke ujung.

Bulu dan warna

Irish Setter memiliki bulu yang cukup panjang pada daerah dada, kaki , perut dan ekor. Pada kepala dan leher tidak panjang. Irish Setter tidak memiliki bulu dalam (under coat) sehingga sekilas terlihat tipis dan tidak mengembang. Warna seperti coklat tua, dalam bahasa inggris disebut mahogany dan rich chestnut . Kadang terdapat sedikit warna putih pada dada dan ujung jari.

Foto depan : http://kulana.dogdomain.com/

Foto dalam : http://www.vicarys.be/

Bookmark Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya:  
Komentar Saya:

Artikel Sebelumnya:

Pameran Multi Trah

 Suara Kita Terkini

Open Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit VaksinOpen Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit Vaksin
Kiki - 23 April 2024 - 11:16

Free Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak RewelFree Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak Rewel
Harmelia - 23 April 2024 - 10:34

Di Hibahkan Pomeranian BetinaDi Hibahkan Pomeranian Betina
Dedi - 22 April 2024 - 13:10

Open Adopt French BulldogOpen Adopt French Bulldog
Dedi - 22 April 2024 - 13:05

Open Adopsi 4 Husky PureOpen Adopsi 4 Husky Pure
Elaine - 15 April 2024 - 09:55

Free Adopsi Anjing PomeranianFree Adopsi Anjing Pomeranian
Louis - 13 April 2024 - 16:16

Anjing HilangAnjing Hilang
Yola - 04 April 2024 - 11:26

Free Adopt Doggie 5 BulanFree Adopt Doggie 5 Bulan
Al - 03 April 2024 - 06:49

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATISOPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATIS
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 22:03

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUTOPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUT
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 21:56

Open Adopt FreeOpen Adopt Free
Ricky Onesimus - 19 Maret 2024 - 20:44

OPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIEROPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIER
Caca - 19 Maret 2024 - 10:38