5 Menit Sebelum membeli Anjing        (2 komentar)

20 Januari 2011 - 16:04

Oleh Winny Zhang - AnjingKita.Com

Sebelum memutuskan untuk memelihara anjing, coba anda berpikir dan memberi waktu sejenak untuk menimbang-nimbang anjing jenis apakah yang pantas untuk anda pelihara. Mengapa? Agar tidak lagi terjadi kasus anjing terlantar maupun kasus kematian anjing dikarenakan pemilik yang tidak mampu atau tidak sanggup merawat ketika anjing tersebut sakit dan juga karena anjing tersebut akan menghabiskan waktu bersama anda bukan hanya setahun ataupun dua tahun tetapi sekitar lima belas tahun lamanya.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda membeli seekor anjing.

1. Anjing apakah yang tepat untuk anda?

a. Yang berukuran besar atau yang kecil
b. Yang berbulu panjang atau yang berbulu pendek

2. Apakah anda memiliki waktu yang cukup untuknya?

a. untuk berolahraga (anjing sama seperti manusia perlu waktu untuk berolahraga)

b. untuk bermain (anak anjing perlu waktu untuk melepaskan stress)

c. untuk latihan kepatuhan dll (latihan untuk menuruti kata-kata anda, berjalan dengan tali dll)

3. Apakah anda memiliki finansial yang cukup untuk anjing anda?

a. Untuk membeli perlengkapan pemeliharaan seperti tali kekang, kandang, makanan, obat-obatan, vitamin, shampoo, sisir dan lain sebagainya.

b. Untuk vaksin dan biaya dokter hewan

4. Apakah anda siap dengan kerkurangan anjing anda?

a. yang buang air sembarangan (karena membutuhkan waktu untuk mengajarinya)

b. yang menangis di tengah malam (karena perubahan lingkungan yang bisa berlangsung hingga seminggu)

c. yang menggonggong dan menggerang bila ada tamu yang datang

d. yang bulunya rontok (dikarenakan musim pergantian bulu)

Apakah anda sebagai calon pemilik baru siap dengan hal hal ini? dan masih banyak hal lain lagi yang harus dipertimbangkan ketika anjing tersebut tua dan sakit sakitan. Jikalau pertimbangan diatas sudah dapat di penuhi maka berikutnya adalah panduan merawat anjing.

Panduan Membeli Anjing

Anak anjing di pet shop pada umumnya terlihat lucu dan sangat menggemaskan, berikut adalah sedikit pertimbangan sebelum membawa anak anjing anda pulang kerumah

1. Lihatlah pet shop yang anda kunjungi, apakah pet shop itu bersih? Jika Ya lanjutkan ke no.2.

2. Apakah kebersihan kandang anjing di jaga? Jika Ya lanjutkan ke no.3.

3. Apakah anak anjing terlihat sehat?

a. Cara melihat, anak anjing yang dijual tidak boleh lemas, jika mereka tidur coba di bangunkan pelan pelan, letakan di lantai dan pancing untuk jalan, anak anjing pada umumnya aktif.

b. Anak anjing harus makan dengan lahap, karena diusia anakan, jikalau diberi makan seberapa banyak pun anak anjing tetap akan dimakan.

c. Poop (tinja) anak anjing tidak boleh cair, meski makanannya lembek dan diberi susu, jangan percaya bila penjual mengatakan bahwa anak anjing itu poopnya haruslah cair karena mereka makan makanan yang cair.

d. Kulit mereka tidak boleh ada yang luka, jikalau penjual mengatakan bahwa mereka terluka karena anak anjing lain maka hal itu tidak benar, sesama anak anjing tidak bisa saling melukai.

e. Bila dikulit mereka terdapat borokan, merah-merah jangan mengambil anak anjing tersebut.

f. Jangan langsung membeli anak anjing pada hari yang sama, kembalilah pada hari hari berikutnya, jangan takut jika anak anjing di beli oleh orang lain, karena bila anak anjing tersebut jodoh anda, dia akan datang pada anda. Hal ini untuk memastikan anjing yang anda beli sehat.

g. Lihatlah buku vaksinnya, anjing yang sudah di vaksin akan terdapat buku vaksin dan tanda tangan oleh drh. Yang bersangkutan dan juga stempel klinik maupun stempel drh. Pastikan vaksin tersebut sudah diberikan dalam waktu 2 minggu. 

h. Lihatlah gusi dan lidah anak anjing, anak anjing yang sehat lidahnya akan berwarna pink, bukan bewarna pink pucat atau menghitam (kecuali trah Chow Chow atau Chinese Shar-Pei).

i. Lihatlah mata anak anjing tersebut, mata anjing haruslah cerah dan tidak belekan.

j. Hidung anjing pada umumnya basah tetapi tidak sampai mengeluarkan cairan kental yang bewarna kekuningan maupun kehijauan.

4. Apabila hal-hal diatas dapat dipenuhi keseluruhannya maka anjing tersebut dapat dinyatakan sehat. Untuk lebih pastinya, ajaklah dokter hewan yang anda kenal untuk pergi ke pet shop tersebut.




Membawa Pulang Anak Anjing

Ketika membawa pulang anak anjing, kita akan merasa sangat senang dan ingin mengajaknya bermain, tapi ingatlah bahwa anak anjing sedang mengalami perubahan lingkungan, untuk itu berikut hal hal yang perlu menjadi perhatian :

1. Ketika membawa pulang anak anjing, istirahatkan dia di dalam kandang, jangan mengajaknya bermain, biarkan anak anjing tersebut istirahat.

2. Jangan langsung memberi anak anjing tersebut makan, biarkan hingga 4-6 jam kemudian untuk menghindari anak anjing mogok makan.

3. Perhatikan poop anak anjing tersebut, biasanya dalam waktu 3 hari pertama ditempat baru atau ada perubahan pemberian dog food akan mengakibatkan poop anak anjing menjadi cair, berikanlah dog food yang sama dengan anak anjing tersebut makan di pet shop, untuk jangka waktu seminggu kedepan.

4. Jangan langsung / sering memandikan anak anjing apalagi diumur 2 bulanan, karena masa itu masih merupakan masa mereka beradaptasi. Jikalau mereka terlalu bau, bersihkan mereka dengan tisu basah untuk bayi yang tidak mengandung alkohol dan keringkan mereka.

5. Berikan air yang cukup di kandang mereka.

6. Biasakan anak anjing tidur di tempat yang sudah disediakan, jikalau mereka menangis di tengah malam, biarkan saja, berikan boneka agar mereka merasa lebih nyaman.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dan sahabat baru anda. Sayangi mereka setiap saat karena mereka juga akan selalu menyayangi anda.

 

Foto: House of Shar-Pei, www.houseofsharpei.com

 

Seluruh material (artikel/berita teks dan foto) yang terdapat dalam situs AnjingKita.Com (http://www.anjingkita.com) bebas dimanfaatkan oleh individual untuk keperluan referensi dan non-komersial.

Bagi siapa saja yang bermaksud memanfaatkan material (artikel/berita teks dan foto) AnjingKita.Com dengan cara memproduksi ulang, mengutip/menyadur, memperbanyak atau menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan material (artikel/berita teks dan foto) yang tercantum di dalam situs AnjingKita.Com, diharuskan mengajukan permohonan via email dan wajib mencantumkan tulisan "Sumber : www.anjingkita.com".

 

Bookmark Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya:  
Komentar Saya:

Artikel Sebelumnya:

PR' 213 Lancelot Shogun

Artikel Selanjutnya:

Anjing Hilang

 Suara Kita Terkini

Open Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit VaksinOpen Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit Vaksin
Kiki - 23 April 2024 - 11:16

Free Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak RewelFree Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak Rewel
Harmelia - 23 April 2024 - 10:34

Di Hibahkan Pomeranian BetinaDi Hibahkan Pomeranian Betina
Dedi - 22 April 2024 - 13:10

Open Adopt French BulldogOpen Adopt French Bulldog
Dedi - 22 April 2024 - 13:05

Open Adopsi 4 Husky PureOpen Adopsi 4 Husky Pure
Elaine - 15 April 2024 - 09:55

Free Adopsi Anjing PomeranianFree Adopsi Anjing Pomeranian
Louis - 13 April 2024 - 16:16

Anjing HilangAnjing Hilang
Yola - 04 April 2024 - 11:26

Free Adopt Doggie 5 BulanFree Adopt Doggie 5 Bulan
Al - 03 April 2024 - 06:49

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATISOPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATIS
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 22:03

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUTOPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUT
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 21:56

Open Adopt FreeOpen Adopt Free
Ricky Onesimus - 19 Maret 2024 - 20:44

OPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIEROPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIER
Caca - 19 Maret 2024 - 10:38