Pertimbangan Sebelum Membiakkan Anjing       (0 komentar)

15 Pebruari 2011 - 23:41

Disadur oleh Winny Zhang - AnjingKita.Com

Beberapa pemilik anjing ingin memperpanjang cinta mereka terhadap hewan peliharaan mereka sehingga membiakkan anjing mereka. Membiakan anjing adalah sebuah tanggung jawab daripada sekedar hobi dan alasan lainnya, ada beberapa hal yang harus di pertimbangankan sebelum menceburkan diri anda dan anjing anda pada proses pembiakan. Ini adalah beberapa daftar yang dapat membantu mengindentifikasi kemungkinan pembiakkan yang suskses.

Pertimbangkanlah umur anjing, jenis dan status kesehatannya. Untuk memulai, dokter hewan menyarankan tidak membiakkan anjing yang berumur di bawah 18 bulan. Ini memungkinkan anda sebagai pemilik mempunyai kesempatan untuk melakukan tes rutinitas untuk menemukan adanya cacat genetika atau kondisi dimana mereka dapat menularkannya kepada keturunan mereka nantinya. Hal ini juga untuk memastikan bahwa indukan secara fisik telah dewasa untuk menjaga anak anjingnya.

Ada juga beberapa hal mengenai kesehatan yang dapat mempengaruhi keputusan anda untuk membiakkan anjing anda.

Kondisi kesehatan dapat berupa umum seperti kasus brucellosis (Infeksi bakteri yang menyebar pada anjing yang dibiakkan, yang mengakibatkan kemandulan, aborsi atau anak anjing yang terlahir dalam keadaan mati), atau pejantan yang menjadi tidak subur.

Umumnya mereka terdapat pada beberapa jenis trah tertentu. Dachshunds and Basset Hounds memiliki tulang punggung yang panjang dan kaki yang pendek, akibatnya mereka akan sangat rentan terhadap masalah punggung pada saat mereka menua. Retrievers, Shepherds dan Great Dane lebih cenderung mengembangkan penyakit Hip Displasia, yang dapat dengan mudah di ketahui melalui uji X-ray. Collies cenderung mengalami dua jenis gangguan mata, Collie Eye Anomaly dan Progressive Retinal Atrophy.

Mengecek kesehetan anjing anda sebelum membiakkan mereka akan memudahkan anda untuk mengetahui bila anjing tersebut membawa cacat genetik. Jika benar anjing tersebut memiliki cacat genetik, maka anjing tersebut tidak pantas untuk menjadi calon indukan maupun pejantan.

Perawatan rutin untuk cacing hati, cacing usus, dan kutu, dan standar vaksinasi untuk melindungi anjing dari virus-virus (parvovirus, parainfluenza, distemper, hepatitis dan leptospirosis) sangat penting untuk menjaga anjing anda dalam kesehatan yang baik untuk pembiakkan. Sebagai tambahan, nutrisi yang bagus, olahraga rutin, penting untuk meningkatkan kesempatan untuk membiakkan anak-anak anjing yang sehat.

Carilah dokter hewan anda untuk memastikan tidak adanya masalah-masalah yang berpotensi yang perlu ditangani sebelum memutuskan untuk membiakkan anjing anda.

Terakhir, anda harus berhati-hati mempertimbangkan alasan anda membiakkan seekor anjing. Jikalau uang dari penjualan anak anjing trah adalah inspirasi utama, pertimbangkanlah pengeluaran yang termasuk dari awal hingga akhir.

Biaya pemacakan, tes genetik, biaya dokter hewan, kemungkinan untuk melahirkan secara cesar, dan biaya untuk pemeliharaan, biaya untuk obat cacing, dan juga untuk vaksinasi anak-anak anjing tersebut, dapat memakan seluruh biaya yang dapat anda peroleh. Kecuali, anda menyempatkan waktu anda dan usaha untuk meneliti usaha ini, anda harus bersiap dengan pengeluaran dan biaya-biaya tersebut, dan bersiaplah untuk membuat kerugian finansial dari satu kali kelahiran.

Alasan menyedihkan lainnya dari pembiakkan adalah untuk mendapatkan anjing seperti yang telah anda miliki sebelumnya. Hal ini jarang terjadi karena anak anjing anda mungkin untuk menyerupai orang tua lain, atau memiliki karakteristik yang merupakan campuran dari kedua orang tua.

Pendekatan yang lebih masuk akal untuk pembiakkan anjing bergantung pada pemilihan karakteristik yang anda harapkan untuk diteruskan ke berikutnya. Setiap pembiakkan harus hati-hati direncanakan untuk menghasilkan kemajuan pada anak anjing dibanding pembiakkan sebelumnya. Ini adalah cara bagaimana meningkatakan biakkan anjing.

Membiakkan anjing merupakan hobi yang bermanfaat, tapi pastikan alasan anda terhormat, kesehatan dan kesejahteraan anjing anda dalam berkembang biak yang paling utama dalam pikiran Anda.

Disadur dari http://information.i-love-dogs.com/dog-articles/dog-breeding/3903-Important-Information-Dog-Breeding.html

 

 

Seluruh material (artikel/berita teks dan foto) yang terdapat dalam situs AnjingKita.Com (http://www.anjingkita.com) bebas dimanfaatkan oleh individual untuk keperluan referensi dan non-komersial.

Bagi siapa saja yang bermaksud memanfaatkan material (artikel/berita teks dan foto) AnjingKita.Com dengan cara memproduksi ulang, mengutip/menyadur, memperbanyak atau menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan material (artikel/berita teks dan foto) yang tercantum di dalam situs AnjingKita.Com, diharuskan mengajukan permohonan via email dan wajib mencantumkan tulisan "Sumber : www.anjingkita.com".

 

Bookmark Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya:  
Komentar Saya:

Artikel Sebelumnya:

Shimiktoy Little Boy Blue

Artikel Selanjutnya:

Dogo von de la Vega

 Suara Kita Terkini

Open Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit VaksinOpen Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit Vaksin
Kiki - 23 April 2024 - 11:16

Free Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak RewelFree Adopsi Pomerian Murni - Usia 12 Tahun - Lucu Tidak Rewel
Harmelia - 23 April 2024 - 10:34

Di Hibahkan Pomeranian BetinaDi Hibahkan Pomeranian Betina
Dedi - 22 April 2024 - 13:10

Open Adopt French BulldogOpen Adopt French Bulldog
Dedi - 22 April 2024 - 13:05

Open Adopsi 4 Husky PureOpen Adopsi 4 Husky Pure
Elaine - 15 April 2024 - 09:55

Free Adopsi Anjing PomeranianFree Adopsi Anjing Pomeranian
Louis - 13 April 2024 - 16:16

Anjing HilangAnjing Hilang
Yola - 04 April 2024 - 11:26

Free Adopt Doggie 5 BulanFree Adopt Doggie 5 Bulan
Al - 03 April 2024 - 06:49

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATISOPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATIS
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 22:03

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUTOPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUT
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 21:56

Open Adopt FreeOpen Adopt Free
Ricky Onesimus - 19 Maret 2024 - 20:44

OPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIEROPEN ADOPT FREE PUPPY MIX TERIER
Caca - 19 Maret 2024 - 10:38