Tips Merawat Telapak Kaki Anjing (1 komentar)

07 Desember 2014 - 01:18

Telapak kaki anjing anda diciptakan untuk berjalan, tetapi tahukah anda bahwa telapak kaki anjing juga diciptakan untuk melindungi? telapak kaki anjing memiliki bantalan untuk melindungi otot dan tulang dari syok, melindungi telapak kaki dari cuaca yang terlalu dingin / terlalu panas, melindungi telapak kaki ketika berjalan di jalanan yang kasar dan juga melindungi jaringan-jaringan pada cakar mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat bantalan telapak kaki anjing :

1. Manjakan dengan Pedikur
Kuku anjing anda haruslah sama rata dengan tanah ketika ia berjalan, jika kuku anjing anda mulai berbunyi (mengetuk) setiap ia berjalan, maka sudah waktunya untuk menggunting kuku anjing anda. Anda dapat meminta pendapat dokter hewan atau groomer untuk memilihkan alat pemotong kuku yang tepat untuk anjing anda.

2. Menggunting dan Mencukur
Cukur atau guntinglah bulu-bulu yang berada di bawah cakar mereka untuk menghindari menggumpalnya bulu di area tersebut. Cukurlah hingga ke sela-sela bantalan kaki mereka hingga bersih.

 



3. Bersihkan
Bersihkan bantalan kaki mereka, pastikan tidak ada benda-benda asing yang lengket atau menusuk bantalan kaki maupun sela sela bantalan kaki mereka. Jikalau ada, benda asing yang menancap itu dapat di ambil dengan menggunakan pinset.

4. Pelembap
Bantalan telapak kaki dapat menjadi kering dan pecah, sehingga anda harus mengaplikasikan pelembap. Mintalah saran kepada dokter hewan, atau gunakanlah pelembap khusus untuk hewan. Janganlah menggunakan pelembap manusia, karena dapat membuat bantalan telapak kaki anjing menjadi terlalu lembut sehingga mudah terluka.

5. Pijatan
Berikan pijatan pada bantalan telapak kaki anjing untuk melancarkan sirkulasi darah. Pijatan ini memberikan relaksasi dan anjing anda akan sangat berterima kasih kepada anda. Anda dapat mulai memijat bantalan telapak kaki bagian tengah secara perlahan lalu di lanjutkan ke bantalan telapak kaki lainnya yang berukuran lebih kecil.

 

6. Bertahap dan Perlahan
Jika anda ingin memulai latihan atau kegiatan baru bersama anjing anda, misalnya berjalan jauh atau berlari, pastikan anda memulai secara bertahap dan perlahan. Bantalan telapak kaki anjing anda akan menjadi sensitif dan pecah jika anda terlalu memaksakan latihan kepada anjing anda.

7. Pertolongan Pertama
Jika telapak kaki anjing anda tertusuk pecahan kaca atau terluka, dan jika lukanya tidak lebar maka anda dapat memberikan pertolongan dengan cara membersihkan lukanya dan membebatnya. Jika lukanya cukup lebar, berikan pertolongan dan segera bawa ke dokter hewan untuk penanganan lanjutan.

8. Luka Musim Panas
Dapatkah anda membayangkan ketika berjalan di jalanan yang panas sekali tanpa menggunakan alas kaki? Ouch! Itu juga yang dirasakan oleh anjing anda. Hindarilah membawa anjing anda ketika cuaca terlalu panas, terlebih berjalan diatas trotoar ataupun berjalan di atas pasir. Tanda-tanda luka bakar pada bantalan telapak kakii anjing meliputi : kulit yang memerah, lipatan kulit goyah / lepas, timbulnya bisul, dll. Jika anjing anda mengalami luka bakar, segera bawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

9. Menghindari Cedera
Untuk menghindari cedera pada telapak kaki anjing anda, pastikan area sekitar rumah dan taman bersih dari pecahan-pecahan kaca. Dan ingatlah, jika anda tidak ingin berjalan dengan telanjang kaki, begitu pula dengan anjing anda.         



Penulis : AnjingKita.Com (IW)

Bagi siapa saja yang bermaksud memanfaatkan material (artikel/berita teks dan foto) AnjingKita.Com dengan cara memproduksi ulang, mengutip/menyadur, memperbanyak atau menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan material (artikel/berita teks dan foto) yang tercantum di dalam situs AnjingKita.Com, diharuskan mengajukan permohonan via email dan wajib mencantumkan tulisan "Sumber : www.anjingkita.com".

Bookmark Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya:  
Komentar Saya:

Artikel Sebelumnya:

Pejantan Pomeranian : Colby

 Suara Kita Terkini

Free Adopt Rottweiler Jantan 2thFree Adopt Rottweiler Jantan 2th
Noriko - 01 Mei 2024 - 10:37

Free Adopt Labrador RetrieverFree Adopt Labrador Retriever
Chris - 28 April 2024 - 21:25

FREE ADOPT DOGGYFREE ADOPT DOGGY
Fina Puspita - 26 April 2024 - 01:18

Open Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit VaksinOpen Utk Adopsi Anjing Mix Umur 2 Thn Betina, Komplit Vaksin
Kiki - 23 April 2024 - 11:16

Di Hibahkan Pomeranian BetinaDi Hibahkan Pomeranian Betina
Dedi - 22 April 2024 - 13:10

Open Adopt French BulldogOpen Adopt French Bulldog
Dedi - 22 April 2024 - 13:05

Open Adopsi 4 Husky PureOpen Adopsi 4 Husky Pure
Elaine - 15 April 2024 - 09:55

Free Adopsi Anjing PomeranianFree Adopsi Anjing Pomeranian
Louis - 13 April 2024 - 16:16

Anjing HilangAnjing Hilang
Yola - 04 April 2024 - 11:26

Free Adopt Doggie 5 BulanFree Adopt Doggie 5 Bulan
Al - 03 April 2024 - 06:49

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATISOPEN ADOPT ANJING MIX BREED GRATIS
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 22:03

OPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUTOPEN ADOPT ANJING MIX BREED IMUT
Gregory Samuel Harianja - 21 Maret 2024 - 21:56