Anjing Dogo Argentino        (115 komentar)

13 Agustus 2005 - 00:00

Oleh Dr.Evi Maria

Anjing yang berasal dari negaranya Maradona ini mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan jenis anjing pekerja lainnya, dengan nama resmi : El Dogo Argentino atau Dogo Argentino . Jenis ini dapat memberikan jawaban yang memuaskan bagi para pecinta anjing pekerja yang menginginkan 3 profesi sekaligus yaitu sebagai anjing pemburu, anjing penjaga dan anjing keluarga.

Dogo Argentino yang memang berasal dari Argentina ini pada awal-mulanya direkayasa oleh : Dr.Antonio Norez Martinez, dibuat untuk tujuan anjing pemburu terhebat, sekaligus sebagai anjing keluarga yang baik. Jenis ini sebenarnya merupakan hasil dari "Cocktail-breed" (silangan beberapa jenis Tough-dog yang dinilai saling mendukung) , Dogo termasuk trah ukuran besar, tinggi berkisar 24-27 inc dan berat 82-105 pound, berwarna putih polos, berbulu pendek dengan sifat yang sangat familiar terhadap anak-anak, dan mempunyai mental yang pemberani, namun penuh dengan perhitungan dalam strategi melacak, mengejar dan menangkap seorang penjahat ataupun binatang buruannya.

Karena banyak bukti kehebatannya dalam berburu dan menjaga, maka Dogo Argentino kemudian dikembangkan diberbagai negara di Eropa seperti Jerman, Italia dan juga di negara Amerika Serikat. Sekarang anjing ini telah terdaftar di FCI (Federation Cynoloqiue International) dan juga Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia). Tulisan berikut mudah-mudahan dapat membantu untuk menjelaskan apa dan bagaimana jenis Dogo Argentino.

Intermezo Trah baru :"El Dogo Argentino".

Ada banyak jenis anjing penjaga , jenis anjing pemburu dan jenis anjing keluarga / jenis anjing pendamping dan juga banyak jenis anjing petarung. Beberapa jenis terkadang lebih dikhususkan kegunaannya untuk tujuan kepolisian yaitu : German Shepherd (Anjing Gembal Jerman), namun AGJ juga dapat digunakan sebagai anjing keluarga. Ada beberapa jenis anjing yang lebih dikhususkan kegunaannya sebagai anjing pemburu, seperti Pointer, namun mereka juga baik sebagai anjing keluarga.

Dalam banyak hal setiap jenis trah anjing dibuat / dikembangkan sesuai dengan masing-masing tujuan kegunaannya, atau disebut spesialisasinya. Seperti jenis-jenis para pemburu tikus, Dachshund , Fox Terrier, yang memiliki spesialisasi untuk menangkap tikus. Maka kebanyakan orang menggunakan mereka untuk mengatasi hama tikus didalam rumah.

Dobermann dibuat awal mulanya sebagai anjing Polisi atau anjing Penjaga (Guard-dog). Mereka umumnya memiliki insting & inlegensia yang baik untuk melacak penjahat dan menjaga suatu wilayah. Dan hal itu dapat dikatakan sebagai spesialisasi/ nilai lebih dari jenis Dobermann dibanding rata2 jenis lain.

Sehingga dapat dikatakan terdapat 2 hal dasar dari berbagai jenis anjing, yaitu : Pertama, temperamen dasar + performance dasar yang berasal dari genetik anjing ( tergantung dari jenis anjing dan bloodline yang didalamnya terdapat spesialisasi masing-masing jenis). Kedua yaitu karakter yang dibentuk oleh Owner (Pemilik) yang sangat tergantung dari :pemberian sosialisasi, latihan tugas / latihan kepatuhan, dsan sebagainya dari pemilik anjing . Contoh, seekor German Pointer yang sangat dikenal sebagai anjing pemburu (Hunting-dog) akan berbeda kenyataannya jika dipelihara oleh 2 pemilik yang berbeda. German Pointer akan menjadi anjing pemburu yang sangat baik apabila dipelihara dan dilatih oleh orang yg memahami & mau melatihnya untuk berburu suatu binatang. Namun ditangan pemilik yang berbeda, bisa saja seekor German Pointer menjadi anjing yang tidak berguna karena tidak pernah dilatih oleh pemiliknya.

Sehingga sebelum kita memilih suatu jenis anjing, ada baiknya kita mengenal betul spesialisasi apa yang dapat menjadi "Point Interest" (daya tarik dan nilai lebih) dari jenis anjing kita. Dan apakah kita bersedia untuk melatihnya ? Agar keistimewaan (spesialisasi) dari jenis anjing yang kita pilih menjadi bermanfaat / berguna bagi kita.

Penjelasan singkat sejarah & karakteristik trah Dogo Argentino

Negara Argentina hanya membuat 1 trah anjing purebred yang diakui dunia. Asal usul Dogo dikembangbiakkan adalah sebagai "Hunting dog" (anjing pemburu) dengan kemampuan yang istimewa sekali, dan Dogo Argentino juga diperkenalkan untuk menjadi anjing penjaga yang tangguh dengan awal pengembangbiakannya sejak tahun 1920.

Sekarang, telah dikenal seorang pembuat trah Dogo, yaitu : Dr.Antonio Norez Martinez, dia adalah seorang pecinta anjing yang mempunyai kegemaran berburu ( ada beberapa jenis berburu dengan menggunakan anjing, antara lain Birdhunting / berburu burung dengan jenis Spaniel, Deerhunting / berburu rusa dengan jenis Coonhound , berburu dengan senapan dan Pemburu menginstruksikan agar anjing mengejar dan menangkap hasil tembakan Pemburu tersebut, itu biasanya dilakukan oleh jenis Retriever seperti Labrador Retriever atau Golden Retriever. Tetapi yang Dr.Martinez maksudkan adalah berbeda dari hal itu yaitu: berburu "Wild & Dangerous Animal" / binatang buas dan kejam tanpa menggunakan senjata dari Pemburu karena hanya mengandalkan kemampuan anjing dalam melacak, mengejar dan menggigit buruannya.

Musuh yang ditakuti bagi para peternak domba dan petani antara lain macan Puma (Mountain Lion), Jaguar, Bobcat / Linx, dan Big- Wildboar (umumnya Babi hutan liar seberat 65kg sampai 120kg) merupakan target binatang buruan yang diajarkan dasar-dasarnya pada jenis Dogo sejak usia 7-10 bulan.

Dr.Martinez menggemari untuk merekayasa suatu jenis trah anjing pemburu yang kemampuannya tidak dapat ditandingi oleh semua jenis anjing lainnya (contoh : German Pointer, Foxhound, Weimarener, Afghan hound, dll) untuk dapat digunakan pada perburuan yang sangat berbahaya diseluruh wilayah daratan Amerika yang berbahaya.

Tahap awal dalam program breeding membuat trah Dogo ini, Dr.Martinez menggunakan basic stock /materi dasarnya dari jenis "crossbreed" yang hubungan darahnya sangat dekat dengan anjing-anjing petarung yang digunakan dalam "Dog fighting" (pertarungan anjing) contoh di Eropa: British Fightingdog dan dinamakan: "Cordoba dogs".

Dalam banyak kesempatan breedingnya, Dr.Martinez memproduksi anjing-anjing Dogo yang sangat kuat & bertenaga (very powerful) dan anjing yang mudah dilatih, namun untuk program breedingnya (seperti uraian diatas) dibutuhkan waktu yang sangat lama dari target penyelesaian breednya.

(NB: untuk menciptakan suatu trah baru seperti yang dilakukan oleh Dr.Martinez tersebut tidaklah mudah, karena diperlukan waktu yang relatif lama, kesabaran dalam breeding, konsisten , kecermatan dan pengetahuan kinologi yang cukup baik).

Sebagai "Pemburu" binatang buas : " babi hutan/ wildboar , Jaguar dan juga Puma, bagaimanapun juga anjing Dogo telah membuktikan dirinya sebagai anjing yang hebat. Ketika hal yang sulit bagi sebagian dari kita untuk mempercayai hal diatas, saat ini jenis Dogo mempunyai kemampuan untuk melacak, menyerang, dan membunuh seekor macan "Puma" ataupun "Jaguar" dengan cara "single-handedly" (sendirian / 1 lawan 1). Satu kelompok anjing Dogo yang terdiri dari 5 ekor, dapat merobohkan satu ekor "Wildboar" (babi hutan) dengan berat 450 pound.

Menurut Dr.Martinez antara kemampuan berburu (Hunting ability) adalah sama pentingnya dengan kemampuan untuk menjadi anjing penjaga yang terbaik, Bagaimana seekor anjing penjaga keluarga dapat mengatasi para penjahat apabila seekor anjing ini tidak dapat menangkap seekor Babi hutan liar ? sehingga Dr.Martinez membuat kemampuan Dogo sebagai anjing penjaga yang dapat menggongong/ menyalak, menyerang, kemudian menggigit si pengganggu, dengan mental hati / nyali berani bertarung melawan si Pengganggu sampai mati , jika diperlukan.

Seperti apa yang dikatakan oleh Dr.Martinez : seekor anjing yang melawan si penjahat, dan kemudian terluka, dan jika anjing itu menyerah / melepaskan si penjahat, maka anjing itu tidak dapat diandalkan sebagai anjing penjaga. Kebenaran hal itu perlu dibuktikan juga pada uji kekuatan dan keberanian Dogo sebagai anjing penangkap (Catch-dog) yang sering didemonstrasikan dalam suatu uji ketangkasan "menangkap seekor Babi hutan liar", dimana Dogo dengan keberanian dan kehati-hatiannya / kecermatan dalam strategi , dapat dengan mudah untuk menghindar dari serangan taring Babi hutan, namun secara cepat dan lincah dapat mengejar, menangkap dan melumpuhkan Babi hutan tersebut.

Saat ini, Dogo dipergunakan di Argentina sebagai dua fungsi: anjing pemburu (Hunting dog) dan anjing penjaga (Guard dog).

Meski sebagai jenis yang tergolong baru dikenal masyarakat, jenis ini telah membuktikan kehebatannya di setiap medan tugas, karena sejak tahun 1920 jenis ini sudah dikembangbiakan secara selektif dengan mengutamakan faktor temperamen anjing. Dan sebagai resume dalam rekayasa trah Dogo yang merupakan penggabungan (Cocktail-breed) dari 9 genetik jenis anjing ,seperti dibawah ini :

Jenis Anjing : Genetik yang diturunkan pada Dogo Argentino :

1. Spanish Mastiff : untuk genetik sifat yang penyayang dengan anak-anak & elegant.

2. Bull terrier : untuk genetik kemampuan bertarung & daya mengelak.

3. Boxer : untuk genetik keberanian & familiar dengan anak-anak.

4. Old English Fighting Bulldog : untuk genetik keberanian & sifat pantang menyerah.

5. Harlequin Great Dane : untuk tinggi badan dan ukuran besar.

6. Pyrenean Mountain Dog : untuk genetik tahan cuaca dingin, dan warna putih polos.

7. English Pointer : untuk genetik daya menghindar dari serangan musuh & penciuman.

8. Irish Wolfhound : untuk genetik kecepatan berlari & kemampuan berburu.

9. Dogue De Bordeaux : untuk genetik kepala besar & kuat gigitan.

Ke-9 jenis2 yang ada diatas, mempunyai ciri-ciri khusus : penyayang / cinta dengan anak-anak kecil, sehingga trah Dogo yang ada sekarang umumnya mempunyai sifat lembut & pencinta anak-anak. Jenis ini juga bisa membantu penyembuhan orang dari trauma tindak kekerasan/ kejahatan sehingga mendapatkan anjing pendamping yang dapat memberikan rasa aman, memberikan semangat bagi orang stress, teman bagi orang lansia ,anak kecil, dll.

Dogo dengan tubuh yang mempunyai berat 80-105 pound, dan dengan bulunya yang pendek dan tubuh yang kompak dan stabil, mereka juga cocok untuk ditempatkan didalam rumah maupun apartemen, dan mereka juga senang untuk dijadikan sebagai anjing keluarga . Anjing ini umumnya berpenampilan tenang, agak pendiam (tidak berisik), stabil, sopan (tidak melompat-lompat) terutama jika didalam rumah, sangat cinta anak-anak kecil & keluarga, perangainya elegant dan lembut (tidak kasar), mudah bersahabat dengan anjing jenis lainnya, tetapi dapat menyalak jika ada penjahat, dan dapat diandalkan sebagai anjing penjaga yang terpercaya.

Sekilas Standarisasi anjing trah Dogo Argentino berdasarkan DACA (Dogo Argentino Club America) -1985.

Berat : 82 - 105 pound

Tinggi: 24 - 27 inc

Warna : Putih, marking (sedikit bercak hitam) di kepala masih diperbolehkan.

Umum : anjing ini harus berpenampilan dari kombinasi : besar, kuat, bertenaga (berotot), stabil dan stamina yang tinggi, karena anjing ini mempunyai kemampuan membunuh seekor "Mountain Lion" (singa gunung / Puma).

Karakteristik / temperamen : Stabil, loyal, sangat cinta anak-anak, familiar (bersahabat), intelegence (pintar), elegant, strength (kuat), powerfull (bertenaga), mudah dilatih untuk menjadi anjing pemburu dan penjaga.

Kepala : Kerangka kepala kokoh dan kuat. (massive skull ).

Telinga : Cropped (dikupir) berdiri tinggi diatas kepala.

Hidung : berwarna hitam, terbuka lebar. (warna pink sebagian masih diijinkan ).

Mata : berwarna gelap (tidak boleh terang).

Ekor : panjang dan tipis, pada saat istirahat, ekor harus pada posisi kebawah.

Diskualifikasi : mata biru, kuning, gigi undershot atau overshot., bulu panjang, tinggi dibawah 23,5 inc, warna selain putih.

Sumber foto :

www.vangils.dogoargentino.dk

www.dogweb.nl

Bookmark Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya:  
Komentar Saya:

Artikel Sebelumnya:

Indonesia-Pet.Com

Artikel Selanjutnya:

Pelatihan Anjing Trah

 Suara Kita Terkini

Hibah Anjing Gratis Wilayah MedanHibah Anjing Gratis Wilayah Medan
Saud Saragih - 11 Juni 2024 - 19:16

Hibah Anjing Gratis Khusus Surabaya SegeraHibah Anjing Gratis Khusus Surabaya Segera
Vivi - 06 Juni 2024 - 14:07

Adopsi Anjing Dalmatian MixAdopsi Anjing Dalmatian Mix
Dennis Dimiaty - 27 Mei 2024 - 12:10

ANJING HIBAHANJING HIBAH
Lendra - 26 Mei 2024 - 19:10

Open Adopsi Anjing Jantan Mix Yorkshire Umur 1 TahunOpen Adopsi Anjing Jantan Mix Yorkshire Umur 1 Tahun
Ferdinand Leonardi - 26 Mei 2024 - 10:45

Adopsi Anjing MixAdopsi Anjing Mix
Yohanes - 22 Mei 2024 - 10:27

Kennel GirlKennel Girl
Olgalive - 16 Mei 2024 - 17:14

Cari Pekerjaan Kennel Boy/dog HandleCari Pekerjaan Kennel Boy/dog Handle
Rief Wibowo - 14 Mei 2024 - 19:08

Open Adopsi Anjing Betina Umur 8 BulanOpen Adopsi Anjing Betina Umur 8 Bulan
Dwi Rahayu - 13 Mei 2024 - 12:09

FREE ADOPT DOGGY MIXFREE ADOPT DOGGY MIX
Fina Puspita - 05 Mei 2024 - 17:37

Re: Dicari Kennel Girl Tinggal Dalam
John - 04 Mei 2024 - 08:25

Re: Dicari Kennel Girl Tinggal Dalam
John - 04 Mei 2024 - 08:22